Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Senin, 24 September 2012

Cara Bersepeda yang Benar

Cara Bersepeda yang Benar. Kali ini nadhifa herba akan berbagi mengenai cara bersepeda yang benar, setelah sebelumnya nadhifa herba membuat artikel tentang Multi Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan. Baik kita langsung ke pembahasannya.


Bagi para pemula yang baru memiliki sepeda atau baru terjun di lingkungan persepedahan tentunya masih bingung tentang bagaimana sih cara bersepeda yang benar itu? Berikut beberapa cara bersepeda yang benar yang nadhifa herba ketahui :

  1. Sebelum kita bersepeda, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis sepeda, kita akan bersepeda dimana? Di jalan raya? Di daerah pedesaan? Atau digunung? Jadi hal yang paling penting adalah pemilihan jenis sepeda apa yang akan kita pakai atau sebelum membeli.
  2. Pilihlah ukuran sepeda sesuai dengan standar ukuran tubuh kita, karena tinggi dan berat tubuh seseorang berbeda2, dan ini sangat mempengaruhi terhadap ukuran sepeda kita yang akan dipakai. Jika belum tahu kita dapat tanyakan pada toko sepeda tempat kita membeli, ukuran sepeda mana yang cocok untuk tubuh kita.
  3. Pahami jenis, fungsi dan kegunaan dari tiap elemen2 sepeda kita.
  4. Sebelum berangkat bersepeda, pastikan juga kesesuaian antara tinggi kemudi sepeda dan sadel sepeda kita.
  5. Biasakan pemanasan terlebih dahulu sekitar 5-10 menit sebelum menggunakan/berangkat bersepeda. Pemanasan ini sangat penting karena untuk menghindari cedera otot.
  6. Pakailah pakaian dan perlengkapan sepeda yang sesuai dan tentunya aman. Mulai dari pakaian, cenala, kaos tangan, helm dan sebagainya.
  7. Kayuhlah sepeda dengan kayuhan sesuai standar, untuk Pemula kayuhan sepeda berkisar antara 80-90 / menit. untuk mahir kayuhan 90-105 / menitnya. Karena kayuhan dengan kecepatan ini bisa menghindarkan dari cedera.
  8. Bawalah air minum setiap kita bersepeda, apalagi untuk yang jaraknya jauh.
  9. Jika masih pemula, jangan bersepeda sendiri dengan jarak yang jauh. lebih baik beramai2 dengan yang lebih ahli, karena jika nanti ada apa2 tentang sepeda kita dapat minta bantuan.
  10. Buatlah pemikiran bahwa bersepeda itu menyenangkan dan menyehatan, karena dengan konsep yang tertanam itu kita akan termotivasi untuk terus semangat bersepeda. Tidak hanya seumur jagung.
  11. Lakukan bersepeda dengan bertahap, maksudnya jika kita masih femula, jarak yang kita tempuh harus bertahap, jangan langsung ingin bersepeda yang jauh.
  12. Buatlah agenda bersepeda tiap minggunya, mulai dari tempat waktu dan jarak tempuhnya.
  13. Biasakan Pola Hidup Sehat supaya badan selalu fit ketika bersepeda.

Demikian, nanti kita sambung lagi tetang artikel sepedanya,,, mudah2an bermanfaat.