Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Rabu, 04 Juli 2012

Bersepeda Yang Benar

Bersepeda Yang Benar. Berikut beberapa cara bersepeda yang benar :

  1. Pilihlah sepeda yang cocok dengan ukuran tubuh kita.
  2. Pastikan tingginya sadel dan jarak stang sesuai dengan tubuh (tinggi tubuh kita).
  3. Pastikan palang kendali pada posisi yang tepat/benar, karena akan berpengaruh pada tangan, bahu, leher, dan tulang belakang. Posisi palang kendali yang tepat dapat membuat bahu membentuk sudut selebar 90o antara tulang bagian atas lengan dan tubuh kita.
  4. Sudut antara lutut dan pedal harus sesuai untuk mengurangi risiko cedera lutut.
  5. Siklus kayuhan diusahakan membentuk sudut 35-45o.
  6. Sudut antara kaki ke pedal juga penting. Telapak kaki bagian ujung dekat jari (ball of foot) harus pada posisi melebihi pedal supaya kayuhan bagus, nyaman, dan efisien. Sol sepatu yang kuat juga menambah kenyamanan dan meningkatkan kualitas kayuhan.
  7. Bagi Pemula kayuhan sepeda berkisar antara 80-90 per menitnya, untuk tingkat mahir kayuhan mencapai 90-105 per menitnya. Karena kayuhan dengan kecepatan ini bisa menghindarkan dari cedera. Lebih bagus pada sepeda dilengkapi dengan layar petunjuk putaran, sadel yang bisa dilepas, dan ban yang agak lebar supaya dapat meningkatkan kenyamanan bersepeda.
  8. Buat pikiran bahwa sepeda itu menyenangkan, bukan sebaliknya, karena itu cenderung dapat membuat tubuh dan pikiran kita  jadi sakit. Sepeda yang layak pakai dapat meminimalisir ketidaknyamanan dan kemungkinan cedera berulang dan menjamin keamanan bersepeda.
  9. Nikmati pemandangan yang indah, akan merasakan kenyamanan jiwa semakin bertambah. Saat itulah melakukan olahraga bersepeda sekaligus berekreasi, sehingga saat hari Senin masuk kerja/sekolah, akan merasa segar bugar.
  10. Mudah-mudahan bermanfaat.
  11. Selamat bersepeda…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar