Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Senin, 02 Januari 2012

Multi Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai banyak orang yang bersepeda, apalagi pada hari-hari libur seperti hari sabtu dan minggu. di bandung juga sering kita jumpai para pesepeda mulai anak-anak, tua dan muda. Sudah banyak sekarang klub-klub sepeda. Bagi mereka yang bersepeda tentu mengetahui manfaat yang akan diperoleh dalam bersepeda, tidak hanya sekedar jalan-jalan atau liburan tapi menurut ahli kesehatan  bersepeda merupakan salah satu olah raga terbaik untuk tubuh manusia. 


 Bersepeda merupakan olahraga yang murah (*syarat dan ketentuan berlaku) tapi multi manfaat. Bayak sekali manfaat bersepeda untuk kesehatan kita. Diantaranya :

Bagi Jantung dan hati
Manfaat bersepeda bagi jantung dan hati sangat bagus sekali, mengapa? Karena dengan bersepeda akan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes. Jantung adalah satu-satunya “motor Penggerak” tubuh kita, oleh sebab itu kita harus benar-benar merawatnya. Gejala stres dan mengerasnya arteri-arteri (arteriosclerosis) sebagai contoh, menyebabkan efek yang akan merusak pada jantung dan menghasilkan tekanan darah tinggi. Hal ini mengakibatkan sesorang akan mengalami serangan jantung. Dengan bersepeda insya Allah akan memperbaiki sirkulasi darah menjadi lancar secara keseluruhan dan membuat jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mungarangi resiko penyakit jantung.

Mengontrol Berat Badan
Dengan melakukan bersepeda yang benar, maksudnya dari segi intensitas bersepeda dan timing nya di atur, insya Allah dengan bersepeda mampu mengontrol berat badan kita. Misalnya dengan kita rutin 6 jam per minggu bersepeda menurut para ahli dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh kita sebanyak 2000 kkal. Hal ini sama dengan mengurangi resiko serangan penyakit diabetes sebanyak 40%. Dengan bersepeda rutin 15 menit/hari kita sudah dapat menurunkan berat badan kita.

Mengembalikan Semangat
Aktivitas rutin kadng membuat kita terjebak pada rutinitas yang melelahkan, jenuh dan berefek pada kagalauan. Dengan Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati dan mensyukuri pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

Mengurangi Polusi Udara

Hasil penelitian kesehatan menyebutkan bahwadengan bersepeda akan lebih sedikit terkena polusi udara dibandingkan dengan orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda akan bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak apalagi bersepadanya dilakukan dilingkungan yang beroksigen seperti daerah pegunungan.

     Demikian Sahabat Nadhifa Herba, Masih banyak manfaat dari bersepeda, dan pada prinsipnya semua olahraga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh kita, tapi jangan lupa yang terpenting pola hidup sehat tetap selalu dipelihara, perbanyak konsumsi madu, karena madu adalah obat, dan jangan lupa pula minum habbatussauda. lebih bagusnya gunakan konsep sehat pagi madu, malam habbatussauda.
Mudah2an bermanfaat.

Wallahu 'Alam Bissowwab...