Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Minggu, 12 Agustus 2012

Keutamaan Lailatul Qodar

Keutamaan Lailatul Qodar. Lailatul Qodar adalah suatu malam yang sangat penting dan bernilai yang merupakan karunia Allah yang sangat besar kebaikan dan keberkahannya yang berada di bulan ramadhan, yang waktunya dirahasiakan oleh Allah Swt. Lailatul qodar merupakan malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan, sebagaimana di firmankan oleh Allah SWT di dalam surat Al-Qodar "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."(QS. Al-Qadr: 1-5).

Terus apa tanda-tanda Lailatul Qodar? Dan kapan waktunya? Para ulama banyak yang berpendapat bahwa lailaul qodar itu waktunya berada di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yaitu diantara malam-malam ganjil (21, 23, 25 27 dan 29). Berikut beberapa hadits yang menjelaskan tentang tanda-tanda lailatul qodar :
  • Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Kami menyebutkan Lailatul Qadar di sisi Rasulullah Saw beliau bersabda : Siapa di antara kalian yang ingat ketika terbit bulan, seperti syiqi jafnah (setengah bejana). (HR. Muslim : 1170)
  • Dari Ubay Rodiallahu Anhu, Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda: Pagi hari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa sinar menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi. (HR. Muslim : 762).
  • dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah SAW : Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).  (HR. At-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan).
  • Dan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata : Rasulullah Saw bersabda : Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, (dan) keesokan harinya cahaya sinar mataharinya melemah kemerah-merahan.” (HR.Thayalisi :349), Ibnu Khuzaimah (3/231), Bazzar (1/486), sanadnya hasan).
Tidak ada seorang pun yang tahu kapan Lailatul Qadar akan datang. Hanya Allah SWT lah yang mengetahui kapan malam yang agung (yang lebih baik dari 1.000 bulan) itu akan menghampiri hambanya. Lailatul Qadar hanya dianugerahkan kepada orang-orang yang mendapat taufik dari Allah SWT dan beramal saleh pada malam itu.  Mengapa demikian? Supaya kita semua semakin giat lagi mencarinya sepanjang hari, khususnya di malam-malam sepuluh terakhir di bulan Ramadhan.
       Mudah-mudahan sahabat Nadhifa Herba kita semua mendapatkan malam yang agung tersebut, Amiin.. mari kita kencangkan ikat pinggang untuk lebih serius lagi mengisi ibadah dan amal-amal kebaikan di sepuluh hari terakhir ini. Niatkan dan tekadkan dalam hati mudah-mudahan Ramadhan ini menjadi ramadhan yang terbaik. Belum tentu kita akan ketemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan. Kita semua terus berdo’a dan berdo’a kepada Allah SWT mudah2an seusai ramadhan ini kita benar2 diampuni oleh Allah SWT. Tidak ada lagi yang lebih berharga di dunia ini selain mengharapkan ampunan dan Ridho Allah SWT.

Demikian, dan mudah2n dapat bermanfaat. Wallahu A’lam Bissowab….