Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Minggu, 15 Juli 2012

Tips Sehat Ramadhan

Tips Sehat Ramadhan. Berikut akan disampaikan beberapa Tips Sehat Ramadhan mudah2an dapat bermanfaat. Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Kita sebagai umat islam tentunya sangat berbahagia dengan kedatangannya bulan ramadhan ini. Karena di bulan suci ini merupakan diskon pahala besar2an dari Allah SWT. Maka sayang jika kita melewatkan momen ini hanya dengan ibadah yang biasa-biasa saja. Kita harus meningkatkan ibadah di bulan ini, karena Allah SWT melipatgandakan setiap amal kebaikan yang dilakukan di bulan ramadhan ini dibandingkan dengan bulan2 yang lainnya, bahkan ada satu malam yang spesial di bulan ramadhan yang dinamakan malam lailatul qodar.
            Sahabat nadhifa herba, tentunya dalam nanti kita menjalankan ibadah ramadhan kita meminta kepada Allah SWT semoga selalu diberikan kesehatan supaya ibadah yang kita laksanakan dapat maksimal. Secara ikhtiar tentu saja kita harus berusaha untuk sehat. berikut ini saya akan memberikan beberapa tips sehat ramadhan, mudah2an dengan tips sehat ramadhan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya pribadi dan sahabat2 semua. 


Beberapa Tips Sehat Ramadhan :

Niat Shaum/Puasa.
Tekad yang kuat serta motivasi yang kuat untuk berpuasa mengintruksikan fisik/tubuh kita untuk siap dalam menghadapi sesuatu selama menjalankan ibadah shaum. diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat/motivasi puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak kita sehingga kita akan siap menahan lapar sampai waktu berbuka. Bahkan bukan hanya lapar saja, dari hal2 yang membatalkan puasa lainnya akan kuat, jika niat/tekad kita kuat

Biasakan Makan Sahur.
Makan sahur disunatkan dalam berpuasa, karena penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah akan turun. Hal ini akan menyebabkan tubuh cepat menjadi lemas, lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah. Maka diusahakan kita selalu makan sahur.

Minum Yang Cukup
Cukupilah kebutuhan minum anda pada saat berbuka dan sahur, penuhi kebutuhan tubuh akan air dengan memperbanyak minum pada malam hari. Cukupi kebutuhan akan air minum agar terhindari dari dehidrasi disiang hari pada saat berpuasa. Dan juga rutinkan konsumsi madu.

Hindari Makanan & Minuman Yang Banyak Mengandung Gula buatan Saat Sahur.
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh untuk memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Sehingga efeknya rasa lapar akan cepat timbul dan badan pun akan menjadi cepat lemas dan lesu. Kecuali minum madu, itu bukan manis buatan itu justru akan meningkatkan metabolisme tubuh kita tetap fit. Perbanyak juga makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.

Menyegerakan Berbuka
Segeralah berbuka dengan makanan yang manis2 misalnya buah2an seperti kurma secukupnya, dan itu yang dicontohkan Rosulullah SAW ketika berbuka. makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Hindari makanan yang berminyak saat berbuka, karena itu dapat menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh kita meningkat.

Makanan Sehat
Konsumsilah makanan yang sehat, bergizi dan halal untuk menu berbuka puasa dan menu sahur sahabat semua, makanan sehat akan membantu stamina anda tetap dalam kondisi prima walaupun anda sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Dan biasakan polahidup sehat.

Porsi Makan
Perhatikan porsi makan sahabat semua disaat berbuka, hendaknya ketika berbuka jangan langsung mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Mulailah berbuka dengan minum air putih yang dapat anda lanjutkan dengan buah2an, seperti kurma dan lainnya. Hal ini bertujuan agar memberikan saluran pencernaan tidak kaget karena perut kosong seharian Kemudian sholat maghrib dan dilanjutkan makan secukupnya jangan menuruti porsi nafsu.

Olah Raga di Bulan Ramadhan
Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah, yaitu banyak yang berolahraga sehabis sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah sore hari atau beberapa jam (1 atau 2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan berolah raga yang ringan tidak berolahraga yang berat.

Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut Selama Berpuasa
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Demikian, Mudah2an tips sehat ramadhan ini dapat bermanfaat………