Nadhifa Herba Menyediakan Berbagai Macam Herbal Seperti Madu, Propolis, Habbatussauda, Suncream, Koyo Kaki, Otem dan Lain-lain

Kamis, 08 Desember 2011

Ratu Lebah Madu

Dalam suatu koloni lebah madu ada yang disebut dengan ratu lebah madu. Dalam Setiap koloni lebah madu terdapat 3 golongan lebah madu, yaitu terdiri dari ribuan lebah jantan dan ribuan lebah pekerja (lebah betina) yang dipimpin oleh seekor ratu lebah madu. Jika dalam suatu koloni lebah madu terdapat 2 atau lebih ratu lebah madu, maka mereka akan berkelahi satu sama lainnya untuk mendapatkan posisi ratu lebah madu tersebut, siapa yang lebih kuat maka dialah yang menjadi ratu lebah madu. Ya dapat dikatakan hukum rimba berlaku di koloni lebah juga.


Tiap lebah mempunyai tugas dan perannya masing-masing, mereka bersama-sama membangun sarangnya, setiap sarang lebah mempunyai keunikan sarang lebah madu. Setelah sarang dibangun oleh para lebah madu, maka ratu lebah madu akan bertelur sebanyak-banyaknya, rata-rata ratu lebah madu bertelur sekitar 2.500 telur per hari. Kemampuan bertelur setiap ratu lebah madu antara setiap ratu lebah di suatu koloni dengan ratu lebah madu di suatu koloni lainnya tidak sama, ini tergantung dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, dan jika madu ternak maka tergantung dari pemeliharaan dan pembudidayaannya.
            Ratu lebah madu memiliki usia yang lebih lama dibandingkan dengan lebah madu yang lainnya, ratu lebah madu dapat hidup hingga 2 sampai 3 tahun. Sahabat nadhifa herba, sepanjang hidupnya ratu lebah madu hanya bertugas mengontrol dan memeriksa sarang madu, dalam hal ini jika ada sel (lubang) sarang madu yang masih kosong, maka ratu lebah madu segera masuk dan meletakan telur disana. Ratu lebah madu hanya mengalami satu kali perkawinan dalam masa hidupnya, dan pada masa perkawinannya ratu lebah madu akan memilih salah satu lebah jantan yang paling kuat diantara lebah-lebah jantan yang lain sebagai pasangannya.
            Ada suatu pertanyaan yang mungkin sahabat nadhifa herba juga ada yang belum tahu, yaitu darimana asalnya ratu lebah madu? Ratu lebah madu berasal atau dihasilkan dari ratu lebah madu sebelumnya yaitu induk ratu, dari telur induk ratu tersebut ada salah satu bakal calon ratu lebah madu. Ratu lebah madu memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan lebah jantan dan lebah pekerja.